Kembangkan e-Voting Untuk Pilkada dan Pilpres, Kemendagri Gandeng BPPT

By Najwa Safira Al-isnathu 29 Okt 2017, 00:01:45 WIB Teknologi

Jakarta - Kemendagri menggandeng BPPT untuk melakukan pengembangan sistem e-Voting, dalam upaya menyikapi proses demokratisasi yang semakin berkualitas dan efisien. Kerjasama ini dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH.  dengan Deputi Bidang Teknologi, Informasi, Energi, dan Material (TIEM) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc., yang dilaksanakan di Cyber Cafe Gedung Teknologi 3 Pusat Data, Informasi, dan Standardisasi BPPT Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (28/01/2016).

Mengawali sambutannya, Prof. Zudan mengapresiasi dukungan kerjasama dengan BPPT yang sudah terlaksana sejak tahun 2009 dalam hal penerapan KTP-el. Selain itu, BPPT juga telah memberi dukungan kongkrit lain seperti perancangan teknis KTP-el pada Grand Design Sistem Administrasi Kependudukan Kemendagri, pemberian rekomendasi persyaratan teknologi KTP-el dan pengujian teknologi KTP-el, serta pendampingan teknis penerapan KTP-el pada tahun 2011-2012 hingga saat ini. “BPPT siap untuk memberikan dukungan untuk menyempurnakan Grand Design Sistem Administrasi Kependudukan Kemendagri dalam rangka perencanaan peta jalan menuju pengembangan dan pemanfaatan KTP Elektronik Multiguna serta infrastruktur pendukung yang diperlukan”, lanjut Prof. Zudan.

Ruang lingkup PKS antara Kemendagri dan BPPT meliputi 4 hal, yakni pengkajian dan pengembangan fitur dan teknologi KTP-el multiguna, pengembangan dan pemanfaatan KTP-el dalam layanan publik berbasis elektronik dan pada Pemilu/Pilkada/Pilkades, pengkajian dan pengembangan sistem biometrik untuk kemandirian teknologi, dan pendampingan teknis pengelolaan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan kunjungan ke Data Center, Ruang Biometrik, dan pemantauan uji coba e-Voting. Dukcapil***




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kapuas Hulu, menurut penilaian anda ?
  Sangat Baik
  Baik
  Standar
  Kurang

Komentar Terakhir

  • GaBecUs

    Dudaerahku bikin ktp belum selesai selesaiya ...

    View Article
  • bejo purnomo

    Tolong munculkan ktp ...

    View Article
  • Indayati

    Kenapa tanggal lahir saya gak sama dengan data yang di capil bisa di cek in kembali atau saya harus ...

    View Article
  • antonius sugiarto

    denan adanya ini bisa di jamin ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video