ITB Support Kemendagri Kembangkan Data Center dan Disaster Recovery Center

By Najwa Safira Al-isnathu 29 Okt 2017, 00:00:58 WIB Teknologi

Bandung -  Dalam rangka pengembangan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC) penerapan KTP-el, Ditjen Dukcapil Kemendagri menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB), yang dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) kedua belah pihak. Kerjasama tersebut tertuang dalam PKS antara Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., M.Si. dengan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan ITB Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono di Ruang Rapim A Gedung Rektor ITB Lantai 1 Jl. Tamansari Nomor 64 Bandung, Jawa Barat, Selasa (02/02/2016). Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Ditjen Dukcapil dan ITB.

Prof. Zudan menyampaikan, saat ini penduduk Indonesia yang wajib KTP-el 187 juta orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 30 juta penduduk belum melakukan perekaman KTP-el, dan akan menjadi target perekaman di tahun 2016.

Dengan demikian, ke depan pemanfaatan KTP-el sudah lebih statis, mapan, dan sudah lebih diterima oleh masyarakat. Namun, ada PR besar yang merupakan kunci keberhasilan penyelenggaraan keseluruhan data kependudukan, yaitu ketersediaan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC). “DC dan DRC inilah yang belum stabil, perlu terus diperkuat, sehingga tidak ada kekhawatiran untuk tidak bisa memenuhi pelayanan 24/7, atau 24 jam per hari dan 7 hari dalam seminggu, serta 365 hari dalam setahun,” tegas Prof. Zudan.

Dukungan ITB sejatinya telah dimulai sejak tahun 2009 lalu, yaitu terkait penerapan KTP-el melalui pendampingan teknis uji petik penerapan awal di 6 daerah. Dukungan kongkrit lainnya adalah perancangan teknis KTP-el pada grand design Sistem Administrasi Kependudukan, pemberian rekomendasi persyaratan dan pengujian teknologi KTP-el, serta pendampingan teknis penerapan KTP-el tahun 2011 dan 2012.

Tahun ini, PKS antara Kemendagri dan ITB menekankan pada grand design dan kajian teknologi informasi pengembangan DC dan DRC. Pengembangan tersebut mengedepankan multi stakeholder approach serta pengembangan terapan teknologi DC dan DRC yang mengutamakan kemandirian bangsa. Dukcapil***




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kapuas Hulu, menurut penilaian anda ?
  Sangat Baik
  Baik
  Standar
  Kurang

Komentar Terakhir

  • GaBecUs

    Dudaerahku bikin ktp belum selesai selesaiya ...

    View Article
  • bejo purnomo

    Tolong munculkan ktp ...

    View Article
  • Indayati

    Kenapa tanggal lahir saya gak sama dengan data yang di capil bisa di cek in kembali atau saya harus ...

    View Article
  • antonius sugiarto

    denan adanya ini bisa di jamin ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video